PENGANTAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
A.
PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang Pendidikan Kewarganegaraan
· Bangsa Indonesia yang mendiami
Nusantara Dewasa ini menyadari bahwa secara kodrati mereka memiliki kemajemukan
dan kebhinekaan dalam hal suku, budaya, agama dan kepercayaan terhadap Tuhan
Yang Maha Esa.
· Dalam mewujudkan negara yang berdaulat
penuh Indonesia mengalami tiga proses mendasar, yakni :
a.
Merebut
kemerdekaan dari bangsa penjajah.
b.
Mempertahankan
kemerdekaan dari berbagai peristiwa agresi Belanda, pemberontaka dan
penyelewengan terhadap negara kesatuan Republik Indonesia.
c.
Mengisi
kemerdekaan yaitu dengan membangun bangsa yang bernegara dalam upaya mencapai
cita-cita tujuan nasonal.
Cita-cita
Nasional adalah terwujudnya tujuan Nasional yaitu masyarakat adil dan makur.
Tujuan Nasional Indonesia adalah
Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia,
memajukan kesejahtetraan umum, mencedaskan kehidupan bangsa dan ikut
melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi
dan keadilan social.
· Untuk mewujudkan terciptanya cita-cita
dan tujuan Nasional diperlukan kesadaran bernegara yang mendalam dari seluru
rakyat Indonesiadalam menghadapi semua tantangan, ancaman hambatan dan
gangguan(TAHG) dari seluruh aspek kehidupan Nasional.
2.
Pendidikan
Kewarganegaraan
a.
Hakikat
Pendidikan
· Pendidikan Kewarganegaraan dimaksudkan
agar Mahasiswa memiliki wawasan kesadaran bernegara untuk bela negara dan
memiliki pola pikir, pola sikap dan prilaku sebagai pola tindak yang cinta
tanah air berdasarkan pancasila. Semua itu diperlukan demi tetap utuh dan
tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
b.
Kemampuan
Warga Negara
· Tujuan Utama Pendidikan kewarganegaraan
adalah untuk menubuhkan wawasan dan bersendikan kebudayaan bangsa, wawasan
Nusantara, serta ketahanan Nasional dalam diri para mahasiswa calon
sarjana/ilmuwan warga negara Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sedang
mengkaji dan akan menguasain Iptek dan Seni.
· Kualitas warga negara akan ditentukan
terutama oleh keyakinan dan sikap hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
di samping derajat penguasaan ilmu pengetauan dan teknolgi yang diplajarinya.
c.
Menumbuhkan
Wawasan Warga Negara
· Setiap warga negara Republik Indonesia
harus menguasai ilmu pengetahuan teknologi, dan seni yang merupakan misi atau
tanggung jawab pendidikan Kewarganegaraan
untuk menumbuhkan wawasan warga negara dalam hal persahabatan,
pengertian antar bangsa, perdamaian dunia, kesadaran bela negara, dan sikap
serta perilaku yang bersendikan nilai-nilai budaya bangsa, wawasan nusantara
dan ketahanan nasional.
d.
Dasar
pemikiran Pendidikan kewarganegaraan
· Pendidikan Nasional bertujuan untuk
meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan
bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, berdisiplin, beretos
kerja, professional, bertanggung jawab, dan produktif serta sehat jasmani dan
rohani.
· Pendidikan Nasional harus menumbuhkan
jiwa patriotic, mempertebal rasa cinta tanah air, meningkatkan semangat
kebangsaan, kesetiakawanan social, kesadaran pada sejarah bangsa, dan sikap
menghargai jasa para pahlawan, dan berorientasi ke masa depan.
· Jiwa patriot, rasa cinta tanah air ,
semangat kebangsaan, kesetiakawanan social, kesadaran pada sejarah bangsa, dan
sikap menghargai jasa para pahlawan di kalangan mahasiswa hendak di pupuk
melalui Pendidikan kewarganegaraan. Kehidupan kampus pendidikan tinggi
dikembangkan sebagai lingkungan ilmiah yang dinamis, berwawasan budaya bangsa,
bermoral keagamaan, dan kepribadian Indonesia.
e.
Kompetensi
Yang Diharapkan
· Kopetensi diartikan sebagai seperangkat
tindakan cerdas, penuh rasa tanggung jawab yang harus dimiliki oleh seseorang
agar ia mampu melaksanakan tugas-tugas dalam bidang pekerjaan tetentu.
· Kopetensi lulusan pendidikan
kewarganegaraan adalah seperangkat tindakan cerdas, penuh rasa tanggung jawab
dari seorang warga negara dalam hubungan dengan negara, dan memecahkan berbagai
masalah hidup bermasyarakat , berbangsa dan bernegara dengan menerapkan
konsepsi falsafah bangsa, wawasan Nusantara, dan Ketahanan Nasional.
· Sifat cerdas yang dimaksud tersebut
tampak pada kemahiran, ketepatan, dan keberhasilan bertindak, sedangkan sifat
bertanggung jawab tampak pada kebenaran tindakan, di titik dari nilai ilmu
pengetahuan dan teknologi, etika maupun kepatutan ajaran agama dan budaya.
· Pendidikan Kewarganegaraan yang
berhasil akan menumbuhkan sikap mental yang cerdas, penuh rasa tanggung jawab
dari peserta didik. Sikap ini disertai dengan perilaku yang :
a.
Beriman
dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menghayati nilai-nilai falsafah
bangsa.
b.
Berbudi
pekerti luhur, berdisiplin dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
c.
Rasional,
dinamis, dan sadar akan hak kewajiban sebagai warga negara
d.
Bersifat
professional, yang dijiwai oleh kesadaran Bela Negara
e.
Aktif
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni untuk kepentingan
kemanusiaan, bangsa, dan negara.
· Melalui pendidikan kewarganegaraan ,
warga negara Kesatuan Republik Indonesia diharapkan mampu: “Memahami,
menganalisis, dan menjawab masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat,
bangsa, dan negara secara berkesinambungan dan konsisten dengan cita-cita dan
tujuan nasional seperti yang digariskan dalam Pembukaan UUD 1945”.
B.
BANGSA
DAN NEGARA
1.
Pengertian
Bangsa
· Bangsa adalah orang-orang yang memiliki
kesamaan asal keturunan, adat, bahasa dan sejarah serta berpemerintahan
sendiri. Bangsa adalah kumpulan manusia yang biasanya terikat karena kesatuan
bahasa dan wilayah tertentu di muka bumi (Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi
Kedua, Depdikbud, H-89)
· Bangsa adalah keinsyafan sebagai suatu
persekutuan yang tersusun menjadi satu, keinsyafan yang terbit karena percaya
atas persamaan nasib dan tujuan, keinsyafan yang semakin bertambah besar karena
seperuntungan, malang yang sama diderita, mujur yang sama didapat. Karena jasa
bersama dan kesengsaraan bersama, akibat kesamaan sejarah yang dalam hati dan
tak. Bangsa bukan karena satu jenis keturunan, suku, marga, agama, daerah asal,
bahasa atau tradisi (Bung Hatta).
· Dengan demikian, Bangsa Indonesia
adalah sekelompok manusia yang mempunyai kepentingan yang sama dan menyatakan
dirinya sebagai satu bangsa serta berproses di dalam satu wilayah;
Nusantara/Indonesia.
2.
Negara
a.
Pengertian
Negara
· Negara adalah suatu organisasi dari
sekelompok atau beberapa kelompok manusia yang bersama-sama mendiami satu
wilayah tertentu dan mengakui adanya satu pemerintahan yang mengurus tata
tertib serta keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok manusia tersebut.
· Negara adalah satu perserikatan yang
melaksanakansatu pemerintahan melalui hokum yang mengikat masyarakat dengan
kekuasaan untuk memaksa untuk ketertiban social. Masyarakat ini berada dalam
satu wilayah tertentu yang membedakannya dari kondisi masyarakat lain di
luarnya.
b.
Teori
terbentuknya Negara
1.
Teori
hokum alam. Pemikiran pada masa Plato dan Aristoeles: kondisi alam yang
menghasilkan manusia kemudian berkembang membentuk negara.
2.
Teori
Ketuhanan. Berasal dari agama Islam dan Kristen yang meyakini segala sesuatunya
adalah ciptaan Tuhan.
3.
Teori
Perjanjian. Oleh Thomas Hobbes, dimana manusia menghadapi kondisi alam dan
timbul kekerasan. Manusia akan musnah bila tidak mengubah cara-caranya. Manusia
pun bersatu untuk mengatasi tantangan dan menggunakan pesatuan dalam gerak
tunggal untuk kebutuhan bersama.
c.
Proses
Terbentuknya Negara Zaman Modern
· Proses tersebut dapat berupa
penaklukan, peleburan(fusi), pemisahan diri, dan pendudukan atas negara atau
wilayah yang belum ada pemerintahan sebelumnya.
d.
Unsur
Negara
1)
Bersifat
Konsultatif. Ini berarti bahwa dalam negara tersebut terdapat wilayah yang
meliputi udara, darat, dan perairan, rakyat atau masyarakat, dan pemerintahan
yang berdaulat.
2)
Bersifat
Deklaratif. Sifat ini ditunjukan oleh adanya tujuan negara, undang-undang
dasar, pengakuan dari negara lain baik secara “de jure” maupun “de facto”, dan
masuknya negara dalam perhimpunan bangsa-bangsa, misalnya PBB.
e.
Bentuk
Negara
· Sebuah negara dapat berbentuk negara
kesatuan (unitary state) dan negara serikat (federation).
3.
Negara
dan Warga Negara dalam system Kenegaraan di Indonesia
· Negara kesatuan Republik Indonesia didirikan
berdasarkan UUD 1945 yang mengatur tentang kewajiban negara terhadap warganya
da hak serta kewajiban warga negara terhadap negaranya dalam suatu system
kenegaraan.
· Kewajiban negara terhadap warganya pada
dasarnya adalah memberikan kesejahteraan hidup dan keamanan lahir batin sesuai
dengan system demokrasi yang dianutnya.
· Negara juga wajib melindungi hak asasi
warganya sebagai manusia secara individual (HAM) berdasarkan ketentuan
internasional, yang dibatasi oleh ketentuan agama, etika moral, dan budaya yang
berlaku di negara Indonesia dan oleh system kenegaraan yang digunakan.
4.
Proses bangsa yang bernegara
Hubungan warga Negara dengan Negara dikatagorikan sebagai :
-
Pembukaan UUD 1945, bangsa Indonesia beranggapan bahwa terjadinya Negara merupakan
suatu proses atau rangkaian tahap tahap yang berkesinambungan. Secara ringkas, proses tersebut adalah sebagai berikut :
-
Perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia
-
Proklamasi atau pintu gerbang kemerdekaan
-
Keadaan bernegara yang nilai nilai dasarnya ialah merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan
makmur
-
Perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia
-
Proses bangsa yang bernegara diindonesia diawali dengan adanya pengakuan yang sama atas
kebenaran hakiki dan kesejarahan yang merupakan gambaran kebenaran secara factual dan
otentik.
-
Pasal 26 ayat (1) mengatur siapa yang termasuk warga Negara Republik Indonesia .
-
Pasal ini dengan tegas menyatakan bahwa yang menjadi warga Negara adalah orang orang
Indonesia asli dan orang orang lain, misalnya peranaan belanda, tionghoa, arab yang bertempat tinggal di Indonesia, mengakui Indonesia sebagai tanah airnya, besikap setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan disah kan oleh undang undang sebagai warga Negara. Syarat syarat menjadi warga Negara ditetapkan oleh undang undang (Pasal 26 ayat 3)
Hubungan warga Negara dengan Negara dikatagorikan sebagai :
-
Hubungan yang bersifat emosional
Dalam wujud hubungan warga Negara dengan Negara yang bersifat emosional, menumbuhkan nilai nilai pada setiap warga Negara dalam dirinya suatu sikap berupa kebanggan terhadap bangsa dan Negara. Cinta akan Negara dan bangsa dan rela berkorban untuk Negara dan bangsa.
-
Hubungan yang bersifat formal
Dalam wujud hubungan warga Negara dengan Negara yang bersifat formal, dibutuhkan seperangkat pengetahuan seperti ilmu hukum, ketatanegaraan, sejarah perjuangan
bangsa, adminitrasi Negara dan ilmu politik yang membekali kesadaran hidup
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
c. Hubungan yang bersifat fungsional
d. Dalam wujud hubungan warga Negara dengan Negara yang bersifat fungsional, lebih
banyak menggambarkan peran, fungsi dan partisipasi warga Negara dalam
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 3. Hak dan keawajiban warga Negara
Dalam UUD 1945, pasal pasal tentang hubungan warga Negara dan Negara tertuang pada pasal 26, 27, 28, 29, 30, 31, 32, dan 33 dengan penjelasanya sebagai berikut :
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
c. Hubungan yang bersifat fungsional
d. Dalam wujud hubungan warga Negara dengan Negara yang bersifat fungsional, lebih
banyak menggambarkan peran, fungsi dan partisipasi warga Negara dalam
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 3. Hak dan keawajiban warga Negara
Dalam UUD 1945, pasal pasal tentang hubungan warga Negara dan Negara tertuang pada pasal 26, 27, 28, 29, 30, 31, 32, dan 33 dengan penjelasanya sebagai berikut :
-
Warga Negara
Pasal 26 ayat (1), menyatakan : “yang menjadi warga Negara adalah orang orang bangsa Indonesia asli dan orang orang bangsa lain yang disahkan dengan undang undang sebagai warga Negara “. Pada ayat (3), menyatakan : “syarat syarat mengenai kewarganegaraan ditetapkan dengan undang undang”.
-
Kesamaan kedudukandalam hukum dan pemerintahan
Pasal 27 ayat (1), menyatakan : “ segala warga Negara bersama kedudukannya di dalam hokum dan pemerintahan itu tidak ada kecualinya “. Hal ini menunjukan adanya keseimbangan antara hak dan kewajiban dan tidak adany diskriminasi diantara warga Negara mengenai kedua hal ini. Pasal ini, seperti telah dijelaskan sebelumnya, menunjukan kepedulian kita terhadap hak asasi .
-
Hak asasi pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan
Pasal 27 ayat (2), menyatakan : “ tiap tiap warga Negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan ”. pasal ini memancarkan asas keadilan social dan kerakyatan.
d. Kemerdekaan Berserikat dan BerkumpulPasal 28, menyatakan : “Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan, dan sebagainya ditetapkan dengan undang – undang”. Pasal ini mencerminkan bahwa Negara Indonesia bersifat demokratis.e. Kemerdekaan Memeluk AgamaPasal 29 ayat (1), menyatakan : “Negara berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa". Pasal ini menyatakan kepercayaan bangsa Indonesia terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Ayat (2) menyatakan “Negara menjamin kemerdekaan tiap – tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing – masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu”. Kebebasan memeluk agama merupakan salah satu hak yang paling asasi di antara manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan.f. Hak dan Kewajiban Pembelaan Negara.Pasal 27 ayat (3) menyatakan : ”Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara”, dan pasal 30 ayat (1) menyatakan “Tiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan kemamanan Negara. Pelaksanaan pasal – pasal ini telah diatur dalam Undang – Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Keamanan Negara yang antara lain mengatur Sistem Pertahanan Keamanan Negara.g. Hak Mendapat PengajaranPasal 31 ayat (1), menyatakan : “Tiap – tiap warga Negara berhak mendapat pengajaran”. Pasal ini sesuai dengan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercermin dalam alinia keempat Pembukaan UUD 1945, yaitu bahwa Pemerintah Negara Indonesia antara lain berkewajibaan mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk itu dalam Pasal 31 ayat (2) mebajibkan Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional, yang diatur dengan undang – undang. Pelaksanaan Pasal ini telah diatur Undang – Undang Nomor 2 Tahun 1989, tentang sistem Pendidikan Nasional.v Pandangan hidup dan jiwa bangsa, keperibadian bangsa, tujuan dan cita-cita, cita-cita hokum bangsa dan Negara, serta cita-cita moral bangsa Indonesia.v Sistem Demokrasi Pancasila berlandaskan nilai-nilai Pancasila, hidup dan tumbuh berkembang secara berlanjut sejalan tahap-tahap perjuangan bangsa Indonesia. Mekanisme sistem Demokrasi Pancasila terlihat dalam sistem Pemerintahan Negara sebagaimana yang dirumuskan didalam penjabaran UUD 1945 dan penyelenggaraan kekuasaan Negara. Penyelenggaraan kekuasan Pemerintahan Negara dilakukan atas dasar hubungan segitiga antara MPR, DPR, dan Presiden sesuai dengan kewenangannya sebagai Lembaga Negara.v Demokrasi Negara Indonesia adalah Pemerintahan Rakyat yang berdasarkan nilai-nilai falsafah Pancasila atau Pemerintahan dari, oleh, dan untuk Rakyat berdasarkan sila-sila Pancasila, yang berarti bahwa :1) Demokrasi atau Pemerintahan Rakyat yang digunakan oleh Pemerintahan Indonesia adalah sistem Pemerintahan Rakyat yang dijiwai dan dituntun oleh nilai-nilai pandangan hidup bangsa Indonesia (Pancasila).2) Demokrasi Indonesia pada dasarnya adalah transformasi nilai-nilai falsafah Pancasila menjadi suatu bentuk dan sistem pemerintahan khas Pancasila.3) Demokrasi Indonesia yang dituntun oleh nilai-nilai Pancasila adalah konsekwensi dari komitmen pelaksanaan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekwen dibidang Pemerintahan atau Politik.4) Pelaksanaan Demokrasi Indonesia dengan baik mensyaratkan pemahaman dan penghayatan nilai-nilai falsafah Pancasila.5) Pelaksanaan Demokrasi Indonesia dengan benar adalah pengamalan Pancasila melalui Politik Pemerintahan.v Demokrasi Indonesia adalah satu sistem Pemerintahan berdasarkan kedaulatan Rakyat dalam bentuk musyawarah untuk mufakat dalam memecahkan masalah-masalah kehidupan berbangsa dan bernegara demi terwujudnya suatu kehidupan masyarakat yang adil dan makmur, merata secara material dan spiritual.v Penyelenggaraan kekuasaan adalah Rakyat yang membagi kekuasaan menjadi lima, yaitu:1) Kekuasaan tertinggi diberikan oleh Rakyat kepada Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang disebut Lembaga Konstitutif.2) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebagai pembuat Undang-Undang disebut Lembaga Legislatif.3) Presiden sebagai penyelenggara Pemerintahan disebut Lembaga Eksekutif.4) Mahkamah Agung (MA) sebagai lembaga pengadilan dan penguji undang-undang disebut Lembaga Auditatif.5) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai lembaga yang mengaudit keuangan Negara disebut Lembaga Auditatif.E. HAK ASASI MANUSIA.1. SEJARAH PERKEMBANGAN HAK ASASI MANUSIAa. Magna Charta (Inggris,1215). Memuat hubungan antara Raja Inggris dengan para bangsawan yang diakui oleh Pemerintahan, dimana Raja tidak dapat lagi bertindak sewenang-wenang; dalam hal-hal tertentu Raja dalam mengambil keputusan harus mendapat persetujuan para bangsawan.b. “Virginia Bill of Right” Amerika Serikat (1776). Semua manusia dititahkan dalam keadaan sama dan dikaruniai oleh Tuhan Yang Maha Esa kekhalkan dengan beberapa hal tetap dan yang melekat padanya.c. Declaration des droit de’I home et du citoyen – 1789 (Prancis). (Deklarasi hak manusia dan penduduk). Revolusi Prancis 1789 bertujuan membebaskan warga negaranya dari kekangan kekuasaan mutlak dari raja penguasa tunggal Negara.1) Kekuasaan tertinggi diberikan oleh rakyat kepada Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang disebut Lembaga Eksekutif.2) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebagai pembuat Undang-Undang disebut Lembaga Legislatif.3) Presiden sebagai penyelenggara pemerintahan disebut Lembaga Eksekutif.4) Mahkamah Agung (MA) sebagai lembaga peradilan dan penguji undang-undang disebut Lembaga Yudikatif.5) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai lembaga yang mengaudit keuangan Negara disebut Lembaga Auditatif.E. HAK ASASI MANUSIA.1. SEJARAH PERKEMBANGAN HAK ASASI MANUSIAa. Magna Charta (Inggris, 1215). Memuat hubungan antara Raja Inggris dengan para bangsawan yang diakui oleh pemerintah, dimana Raja tidak dapat bertindak sewenang-wenang; dalam hal-hal tertentu raja dalam mengambil keputusan harus mendapat persetujuan para bangsawan.b. “Virginia Bill of Rights” Amerika Serikat (1776). Semua manusia dititahkan dalam keadaan sama dan dikaruniai oleh Tuhan YME kekhalikan dengan beberapa hak tetap dan yang melekat padanya.c. “Declaration des droit de’l home et du citoyen”-1789 (Prancis). (Deklarasi hak manusia dan penduduk). Revolusi prancis 1789 bertujuan membebaskan warga negaranya dari kekangan kekuasaan mutlak dari Raja penguasa tunggal Negara.d. The 4-Freedoms of Presiden F.D. Roosvelt. Menjelang berakhirnya Perang Dunia-II, Presiden F.D. Roosvelt melancarkan doktrin mengenai:1) Kebebasan untuk berbicara dan melahirkan pikiran (Freedom of speech and thoughts).2) Kebebasan Agama (Freedom of Religion)3) Kebebasan dari ketakutan (Freedom from fear)4) Kebebasan dari kekurangan (Freedom from want)e. Universal Declaration of Human Rights – 1948. Deklarasi/pernyataan sedunia tentang hak-hak (asasi) manusia dicetuskan di Lake Succes tahun 1948 yang terdiri dari 30 pasal.2. MACAM-MACAM HAK ASASI MANUSIAAda 6 macam hak asasi manusia yaitua. Hak asasi pribadi (Personal rights). Kebebasan untuk mengeluarkan pendapat/pikiran, memeluk agama dan untuk bergerak.b. Hak asasi politik (Political rights). Hak untuk ikut serta dalam pemerintahan, hak pilih (hak memilih dan dipilih dalam PEMILU), hak mendirikan partai politik.c. Hak asasi ekonomi (Property rights). Hak untuk memilik sesuatu, membeli, menjual, dan memanfaatkan.d. Hak asasi social dan kebudayaan (Social and cultural rights). Hak untuk memilih pendidikan, mengembangkan kebudayaan dll.e. Hak asasi kesamaan dalam hukum (rights of legal equality). Hak untuk mendapat perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan.f. Hak asasi tata cara peradilan (procedural rights). Hak untuk mendapatkan perlakuan tata cara peradilan dan perlindungan hukum misalnya penangkapan, penggeledahan, peradilan, dll.3. HAK ASASI MANUSIA MENURUT MAJELIS UMUM PBBDi dalam mukadimah deklarasi universal tentang Hak Asasi Manusia yang telah disetujui dan diumumkan oleh Revolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa nomor 217A (III) tanggal 10 Desember 1948 terdapat pertimbangan-pertimbangan berikut:1. Menimbang bahwa pengakuan atas martabat yang melekat dan hak-hak yang sama dan tidak terasingkan dari semua anggota keluarga kemanusiaanm keadilan, dan perdamaian di dunia.2. Menimbang bahwa mengabaikan dan memandang rendah pada hak-hak asasi manusia telah mengakibatkan perbuatan-perbuatan bengis yang menimbulkan rasa kemarahan dalam hati nurani umat manusia dan bahwa terbentuknya suatu dunia dimana manusia akan mengecap kenikmatan kebebasan berbicara dan agama serta kebabasan dari rasa takut dan kekurangan telah dinyatakan sebagai aspirasi tertinggi dari rakyat jelata.3. Menimbang bahwa hak-hak manusia perlu dilindungi oleh peraturan hukum supaya orang tidak akan terpaksa memilih pemberontakan sebagai usaha yang terakhir guna menantang kelaliman dan penjajahan.4. Menimbang bahwa persahabatan antar Negara-negara perlu dianjurkan.5. Menimbang bahwa bangsa-bangsa dari anggota Perserikatan Bangsa Bangsa dalam piagam telah menyatakan sekali lagi kepercayaan mereka atas hak-hak dasar manusia, martabat serta pengahargaan seorang manusia, dan hak-hak yang sama bagi laki-laki maupun perempuan dan telah memutuskan akan meningkatkan kemajuan social dan tingkat penghidupan lebih baik dalam kemerdekaan yang lebih luas.6. Menimbang bahwa Negara-negara anggota telah berjanji akan mencapai perbaikan penghargaan umum terhadap pelaksanaan hak-hak manusia dan kebebasan- kebebasan asas dalam kerja sama dengan PBB7. Menimbang bahwa pengertian umum terhadap hak-hak dan kewajiban kebebasan ini adalah penting sekali untuk pelaksanaan janji ini secara benar.Ø Atas pertimbangan diatas, Majelis Umum PBB menyatakan Deklarasi Universal tentang Hak-hak Asasi Manusia yang terdiri dari 30 pasal ini merupakan suatu pelaksanaan umum yang baku bagi semua bangsa dan negara. Setiap orang dan setiap badan dalam masyarakat perlu senantiasa mengingat pernyataan ini dan berusaha, dengan cara mengajar dan mendidik, untuk mempertinggi penghargaan terhadap hak-hak dan kebebasan – kebebasan ini dan, melalui tindakan-tindaka progresif secara nasional maupun internasional, menjamin pengakuan dan pelaksanaan hak-hak dan kebebasan- kebebasan itu secara umum dan efektif oleh bangsa bangsa dari negara-negara anggota maupun dari daerah-daerah yang berada di bawah kekuasaan hokum mereka.3. Hak Asasi Manusia berdasarkan UUD 1945.Ø Hak Asasi Manusia berdasarkan UUD 1945 yang telah diamandemen tertuang dalam pasal 28A – 28JF. Pendidikan Pendahuluan Bela Negara1. PengertianUpaya menumbuhkan dan memasyrakatkan kesadaran bela negara pada segenap warga negara Indonesia. Cara yang baik adalah melalui pendidikan, oleh karena itu perlu dilaksanakan pendidikan pendahluan bela negara (PPBN) sedini mungkin pada pendidikan sekolah dan pendidikan luar sekola.Bela negara adalah tekad dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu, dan berlanjut yang dilandasi oleh kecintaan pada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernagara Indonesia serta keyakinan dan kesaktian Pancasila sebagai ideologi negara dan rela berkorban guna meniadakan setiap ancaman baik dari luar maupun dari dalam negeri yang membahayakan kemerdekaan dan kedaulatan negara, kesatuan dan persatuan bangsa, keutuhan wilayah yuridis nasional, serta nilai-nilai Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.Pengertian dari PPBN adalah pendidikan dasar bela negara, guna menumbuhkan kecintaan terhadap tanah air, kesadaran berbabgsa dan bernegara Indonesia keyakinan akan kebenaran Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk negara, serta memberikan kemampuan awal bela negara.2. TujuanTujuan dari PPBN adalah mewujudkan warga negara Indonesia yang memiliki tekad, sikap dan tindakan yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut guna meniadakan setiap ancaman, baik dari luar negeri maupun dari dalam negeri yang membahayakan kemerdekaan, dan kedaulatan negara, kesatuan persatuan bangsa, keutuhan wilayah yurusdiksi nasional, serta nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.3. SasaranSasaran dari PPBN adalah terwujudnya negara Republik Indonesia yang mengerti, serta menghayati yakin untuk menunaikan hak dan kewajiban dalam upaya bela negara, dengan cirri-ciri :a. Cinta tanah air yaitu yang mengenal dan mencitai wilayah nasionalnya sehingga selalu waspada serta siap membela tanah air Indonesia terhadap segala bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang dapat membahayakan kelangsungan hidup bangsa dan negara oleh siapapun dan dari manaun.b. Sadar berbangsa Indonesia yaitu yang selalu membina kerukunan, persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga, pemukiman pendidikan dan pekerjaan serta mencintai budaya bangsa dan selalu mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi, keluarga, dan golongan.c. Sadar bernegara Indonesia yaitu sadar bertanah air satu, bernegara satu dan berbahasa satu yaitu Indonesia yang mengakui, menghargai, dan menghormati bendera merah putih, Lagu kebangsaan Indonesia Raya, Lambang negara Garuda Pancasila dan kepala negara serta mentaati seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku.d. Yakin akan kebenaran dan kesaktian Pancasila yaitu yang yakin akan kebenaran Pancasila sebagai satu-satunya falsafah dan ideologi bangsa dan negara yang telah terbukti kesaktianya dalam penyelengaraan kehidupan berbangsa dan bernegara, guna tercapainya tujuan Nasional.e. Rela berkorban untuk bangsa dan negara yaitu rela mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, dan harta benda untuk kepentingan umum, sehingga pada saatnya siap mengorbankan jiwa raga bagi kepentingan bangsa dan negara.f. Memiliki kemampuan awal bela negara yaitu:1) Diutamakan secara psikis (mental) memiliki sifat-sifat disiplin, ulet, kerja keras, mentaati segala peraturan perundang-undangan yang berlaku, percaya akan kemampuan sendiri, tahan uji dan pantang menyerah dalam menghadapi kesulitan untuk mencapai tujuan nasional.2) Secara fisik (jasmaniah) sangat diharapkan memiliki kondisi kesehatan dan kemampuan keterampilan jasmani yang tidak bersifat latihan kemiliteran yang dapat mendukung kemampuan awal bela negara yang bersifat psikis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar